Sebenarnya sudah banyak artikel tentang Cara Crimping dan Pasang Konektor RJ-45 pada Kabel UTP LAN model Straight serta Cross. Jadi, untuk memperjelas caranya buat pelanggan Teknody, sekaligus pembaca yang sedang membaca artikel ini,  Teknody menulis akan membahasannya di artikel ini. Sebelumnya ada beberapa yang harus dipersiapkan.

Pertama Kabel UTP, juga disebut istilah kabel LAN. Kabel LAN dapat dibeli di toko komputer atau toko komponen elektronika. Harganya bervariasi, mulai dari harga tiga ribu sampai enam ribu rupiah.


Hal kedua adalah Konektor RJ-45. Saran Teknody yaitu supaya membeli lebih karena RJ-45 cuma bisa di crimping satu kali saja, jika gagal dalam mengcrimping maka tidak bisa dibuat lagi alias lembiru. Jangan keliru beli konektor untuk telpon, karena hampir sama. Kabel UTP untuk LAN terdapat 8 jalur untuk kabelnya.

Tang Crimping merupakan hal ketiga yang harus dipersiapkan. Tang yang ada dipasaran juga bervariasi, tergantung dengan merek, model dan kegunaannya. Ada yang hanya untuk crimping kabel LAN saja, ada juga yang bisa crimping kabel telpon.

 

Terakhir yaitu LAN Cable Tester. Alat ini digunakan untuk mengetes hasil crimping yang kita lakukan, berhasil atau gagal. Biasanya tidak hanya untuk kabel LAN, bisa juga untuk mengetes kabel untuk jaringan telpon.

 

Nah sekarang kita coba mengcrimping kabel UTP tadi,

1. Potong ujung kabel UTP dengan Tang Crimping atau Cutter dan kupas bagian ujung sepanjang kurang lebih 2 cm. Hati hati jangan sampai jari kita yang terpotong.


2. Lepaskan kabel yang terlilit sehingga terpisah, rapikan dengan meluruskan tiap kabel kabel kecil tersebut. Pastikan tidak ada kabel yang terpotong / terluka pada saat mengupas tadi. Karena akan mempengaruhi hasil crimping nanti.


3. Setelah rapi dan lurus, rapatkan tiap kabel kabel kecil sesuai dengan urutan warna dan potong serapi mungkin, sama rata agar tidak ada yang panjang sebelah.

 

4. Masukkan ujung kabel UTP tadi ke dalam konektor RJ-45. Pastikan urutannya benar sesuai dengan jalur-jalur yang sudah disediakan di dalam konektor tadi.

Dan juga pastikan ujung masing-masing kabel sudah mentok di bagian dalam konektor RJ-45. Sekarang kita Crimping kabel UTP jenis Straight untuk koneksi dari komputer ke switch/hub. Urutan kabelnya sebagai berikut :


5. Masukkan konektor RJ-45 yang sudah terpasangi kabel UTP tadi ke salah satu mulut tang crimping yang memiliki bentuk dan ukuran cocok dengan konektor RJ-45. Tekan bagian pangkal konektor dengan tang crimping agar pin-pin yang ada di ujung konektor menancap di masing-masing kabel.


6. Uji kabel dengan RJ-45 LAN Tester. Colokkan salah satu ujung keinduk tester ( yang besar ) ke port Tx. Dan colokkan ujung lain ke anak tester (yang kecil) ke port Rx. Nyalakan kabel tester dengan menggeser saklar ke posisi auto.

Lampu indikator akan menyala secara berurutan dari lampu indikator 1 s/d 8

Perhatikan di tester:

  1. Jika lampu indikator juga menyala pada posisi lampu indikator induk menyala, maka kabel tersebut tidak ada masalah.
  2. Jika lampu indikator tester induk menyala pada nomor tertentu sedangkan lampu indikator pada tester anak pada nomor tersebut tidak menyala, berarti kabel dengan warna yang bersangkutan mengalami masalah.
  3. Jika lampu indikator tester induk menyala pada nomor tertentu sedangkan lampu indikator pada tester anak menyala pada nomor yang lain bearti urutan pemasangan yang tidak benar. (kecuali untuk jenis cross )

Masalah yang sering mungkin timbul :

  1. kabel putus di tengah
  2. kualitas konektor yg kurang baik
  3. cara pemasangan yang tidak baik, misal : ada ujung kanel yang tidak mentok di dalam konektor sehingga tidak tertancap oleh pin konektor.

Sedangkan perbedaan warna antara yang model Straight dan Cross adalah

Sekian dari pembahasan berikut. Semoga Bermanfaat.